Cara - Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Yang Ringan Namun Effektif

cara menutunkan berat badan setelah melahirkan
Menjadi ibu adalah kodrat setiap wanita di seluruh dunia. Seorang wanita yang telah berumah tangga dan ingin segera memiliki anak tentu akan mengalami fase kehamilan, proses melahirkan hingga membesarkan anak. Namun, memiliki bentuk badan yang tak seperti dulu adalah hal yang tak diinginkan oleh sebagian besar wanita sehabis melahirkan. Hal ini karena sebagian besar dari mereka akan merasa tidak cantik lagi dan kurang percaya diri dengan bentuk badannya yang melar seperti saat ini. Bahkan tak jarang dari mereka yang mengalami stress akibat berat badan yang tak kunjung turun. Namun anda tidak perlu khawatir lagi. Ini karena banyak cara menurunkan berat badan setelah melahirkan. Adapun yang dapat dilakukan antara lain seperti berikut ini:


Olahraga

Olahraga merupakan cara menurunkan berat badan yang cukup sering kita lihat pada masyarakat kita maupun orang-orang diseluruh dunia. Itu sebabnya wanita melahirkan juga dapat menurunkan berat badannya melalui olahraga. Namun sebaiknya konsultasikan pafa dokter terlebih dahulu olahraga apa yang tepat dan benar bagi wanita yang  baru saja melahirkan. Terutama pada wanita yang melahirkan secara operasi caesar. Selain itu, anda juga dapat menanyakan pendapat pada teman atau saudara lain yang lebih berpengalaman. Sehingga anda dapat saling bertukar pendapat maupun memotivasi diri.

Menyusui

Aktivitas menyusui pada bayi ternyata juga dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa sejumlah hormon akan dilepaskan ke dalam tubuh dan membantu rahim mengembalikan bentuk tubuh seperti semula saat belum hamil dan melahirkan. Aktivitas menyusui pada bayi ini dapat membakar 200 hingga 500 kalori perhari. Jumlah yang sama seperti mengendarai sepeda selama satu jam atau berenang selama beberapa jam.

Istirahat yang Cukup

Kita dianjurkan untuk tidur selama 8 jam sehari. Namun hal ini nampaknya tidak berlaku bagi wanita yang baru saja melahirkan. Sebab waktunya akan tersita oleh si kecil. Tentu hal ini akan membuat anda, ibu baru mengalami kesulitan untuk beristirahat yang cukup. Maka sebaiknya istirahatlah setidaknya 7 jam tiap hari. Sebab sebuah study menyatakan bahwa wanita melahirkan yang beristirahat hanya 5 jam dalam sehari, akan sulit menurunkan berat badan dibandingkan dengan yang beristirahat selama 7 jam sehari.

Yoga

Melakukan yoga selain dapat membuat anda tenang dan rileks juga dapat menurunkan berat badan setelah melahirkan. Terutama pada bentuk badan bagian bawah. Ada dua macam yoga yang dapat anda lakukan. Pertama yoga tiger pose. Caranya adalah posisikan kaki dan tangan anda seperti merangkak, kemudian lipat satu kaki. Sedangkan satu kaki lainnya diluruskan dan dilipat setelah hitungan kesepuluh. Lakukan hal ini secara berulang-ulang dan bergantian. Yoga yang kedua adalah yoga triangle pose. Masih dengan cara mengulang dan bergantian namun dengan posisi kaki terbuka lebar. Kemudian tekuk badan anda ke kiri, sehingga tangan kiri menyentuh alas atau lantai dan tangan kanan lurus menghadap ke udara. Lakukan ini berulang-ulang dengan posisi tangan kiri dan kanan secara bergantian.

Berjalan Kaki

Berjalan kaki merupakan hal yang kelihatan sepele. namun hal simple ini ternyata dapat membawa manfaat yang cukup besar dan berpengaruh dalam menurunkan berat badan. Berjalan kaki dapat membakar kalori pada tubuh kita. Sebaiknya anda melakukan aktivitas ini pada pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu menyengat. 

Demikianlah beberapa cara untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan yang effektif. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Cara - Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Yang Ringan Namun Effektif"

Posting Komentar