6 Tips Cara Menurunkan Berat Badan Dibulan Ramadhan

Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat suci, dimana seluruh umat Islam di dunia baik laki laki maupun perempuan untuk melaksanakan ibadah puasa. Bulan puasa merupakan bulan yang sangat suci dan puasa sendiri memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Kegiatan puasa mampu untuk menurunkan kolesterol, hipertensi bahkan dapat di jadikan sebagai program diet secara alami. Oleh karena itu, ketika berpuasa lakukanlah dengan baik dan mengikuti syariat Islam. Menjaga pola makan sepanjang waktu diet menjadi salah satu keharusan sehingga ketika berpuasa tubuh dapat tetap menjalankan aktivitasi dengan baik dan juga sembari menurunkan berat badan.


Menyeimbangkan kalori yang masuk kedalam tubuh menjadi salah satu hal yang penting terutama ketika berbuka puasa, ketika berpuasa banyak orang tidak sadar karena lapar dan haus sehingga selalu mengkonsumsi makanan manis dan makan dalam porsi yang besar. Maka dari itu, anda perlu memperhatikan berbagai tips untuk mendaptakan manfaat diet secara alami ketika sedang berpuasa di bulan Ramadhan.

Saat anda diet di hari Ramadhan, jangan beranggapan bahwa tidak makan dari subuh sampai magrib sudah cukup, karena ketika anda mengkonsumsi makanan tanpa control di waktu berbuka, maka diet akan tidak akan berhasil. Inilah 6 tips cara menurunkan berat badan dibulan puasa yang perlu di perhatikan :

1.    Memilih menu makanan yang tepat

Ketika berpuasa, untuk menjalankan kegiatan sehari hari maka tumbuh membutuhkan 5 unsur yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan juga minerah. Konsumsilah makanan makanan yang bergizi ketika sahur dan berbuka puasa. Selain kelima unsure tersebut, makanan berserat juga sangat baik yang bisa didapatkan dari buah buahan dan sayur. Serat dapat membantu anda untuk kenyang lebih lama dan hindarilah makanan berbumbu tajam dan pedas karena akan membuat anda mudah lapar kembali.

2.    Jangan makan terlalu banyak ketika berbuka

Katika berbuka, banyak orang melampiaskan rasa laparnya dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi yang sangat besar. hal tersebut tidak di perbolehkan karena akan membuat lambung menjadi kaget. Seperti yang kita tahu, disarankan untuk mengkonsumsi air, teh manis atau kurma sebelum makan besar. Hal tersebut bertujuan untuk membiasakan lambung untuk mencerna makanan. Jangan lupa untuk mengunyah makanan dengan halus agar lambung tidak terlalu keras mencerna makanan.

3.    Hindari minuman minuman yang dingin

Menahan haus dari pagi sampai sore hari tentu membuat banyak orang melampiaskannya dengan minum air es. Ketika anda berdiet, jangan konsumsi air es karena air es dapat meningkatkan asam lambung. Minum minuman hangat lebih di anjurkan, karena dapat membuat lambung lebih nyaman.

4.    Berolahraga

Berolahraga harus tetap di lakukan meskipun dalam kondisi puasa. Berolahragalah 1 atau 2 jam sebelum anda berbuka. Berbuka dengan menggunakan makanan berkuah juga sangat di anjurkan, untuk membantu anda untuk lebih cepat kenyang.

5.    Mengatur pola makan

Ketika berpuasa, kita hanya memiliki kesempatan 2 kali makan yaitu ketika sahur dan ketika berbuka puasa. Oleh karena itu, jagalah asupan makanan anda agar anda bisa menjalankan puasa dalam keadaan fit.

6.    Jangan tidur setelah sahur

Setelah sahur, maka lambung membutuhkan waktu dalam proses pencernaannya. Oleh karena itu jangan tidur setelah sahur, karena ketika tidur maka pencernaan akan terganggu.

Itulah 6 tips cara menurunkan berat badan dibulan ramadhan. Semoga dapat menjadi inspirasi anda untuk melakukan puasa dengan baik sembari menurunkan berat badan.




0 Response to "6 Tips Cara Menurunkan Berat Badan Dibulan Ramadhan"

Posting Komentar